Pengenalan Kehidupan Kampus (PKKMB) 2018

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2018 USM-Indonesia dengan tema “Be Smart with Excellent Character We are a STRONG Generation”. Selamat datang dan selamat bergabung kami ucapkan kepada seluruh mahasiswa baru dikampus Cerdas Berkarakter USM-Indonesia. Semoga dalam kesempatan yang telah ada pada kali ini benar-benar menjadi niat untuk mencari ilmu dan melakukan proses-proses belajar di dalam perguruan tinggi, dan semoga gerak langkah awal ini adalah gerak yang bertujuan untuk melakukan sebuah perubahan yang tentunya akan membawa kita menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. demikian sambutan yang disampaikan oleh Rektor USM-Indonesia Ibu Dr. Ivan Elisabet Purba, M.Kes.

PKKMB adalah kegiatan pengenalan terhadap program studi dan program pendidikan, budaya ilmiah dan pembinaan kegiatan kemahasiswaan di perguruan tinggi bagi mahasiswa baru USM-Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan USM Indonesia Bapak Karnirius Harefa, S.Kp, M.Biomed menyampaikan bahwa maksud Kegiatan PKKMB : mengenalkan arti pentingnya kesadaran berbangsa, bernegara, cinta tanah air, lingkungan dan bermasyarakat, mengenalkan tata kelola perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan, memberikan gambaran tentang pentingnya pendidikan karakter khususnya nilai integritas, moral, etika, kejujuran, kepedulian, tanggung jawab dan kedisiplinan dalam kehidupan di kampus dan masyarakat. mendorong mahasiswa untuk proaktif beradaptasi, membentuk jejaring, menjalin keakraban dan persahabatan antarmahasiswa, mengenal lebih dekat dengan lingkungan kampus, dan memotivasi dan mendorong mahasiswa baru untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Selama pelaksanaan program PKKMB tersebut diisi dengan materi-materi yang bertujuan untuk membuka wawasan berfikir mahasiswa dalam memasuki kehidupan Kampus, dengan mengundang Kepala Lembaga Layanan DIKTI (L2 DIKTI) Wilayah I Sumatera Utgara Bapak Prof. Dian Armanto materi berjudul Perguruan Tinggi Di Era Industri 4,0, materi NKRI dan Cintah Tanah Air disampaikan oleh perwakilan Kodam I Bukit Barisan, Pengenalan Bahaya NARKOBA dari BNN Prov Sumatera Utara, Cerdas Bermedia Sosial & IT disampaikan perwakilan dari POLRESTA Medan serta materi-materi pengenalan kehidupan Kampus, Unit Kegiatan Mahasiswa, etika dan budaya kampus serta beragam kegiatan guna menggali bakat dan minat mahasiswa baru.

Untuk materi Program Studi Sistem Informasi disampaikan oleh Ketua Program Studi : Bapak Burhanuddin Damanik, M.Kom melalui Sekretaris Program Studi : Swono Sibagariang, M.Kom, yang juga dihadiri oleh para dosen. Pada tahun ajaran 2018/2019 Prodi Sistem Informasi bertambah jumlah mahasiswa yang bergabung sebanyak 81 orang yang dibagi dalam 2 (dua) kelas, yaitu Kelas A dan B. Kita berharap bahwa mahasiswa baru prodi Sistem Informasi dapat memberi warna di USM-Indonesia dan bahkan dapat berprestasi di wilayah bahkan tingkat Nasional maupun Internasional terkhusus dalam bidang Pemograman Web. 

Kegiatan PKKMB di tutup oleh Ketua Yayasan Sari Mutiara Medan Bapak Parlindungan Purba, SH., M.M. beliau berpesan bahwa mahasiswa harus rajin belajar agar tamat dan menjadi sarjana tepat pada waktunya, menjaga diri di lingkungan tempat tinggal serta jangan gampang tergoda dan menjauhi NARKOBA. Diacara penutupan dilakukan pengukuhan bagai UKM Resimen Mahasiswa dan penyerahan hadiah bagi mahasiswa-mahasiswa baru yang berprestasi. (BD)

Bagikan ke Sosial Media

Tags: